Fakultas Pertanian | KULIAH UMUM FAKULTAS PERTANIAN
12583
post-template-default,single,single-post,postid-12583,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,boxed,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.2.1,vc_responsive

KULIAH UMUM FAKULTAS PERTANIAN

KULIAH UMUM FAKULTAS PERTANIAN

16:55 10 Agustus in Info
0 Comments

KULIAH UMUM FAKULTAS PERTANIAN

Fakultas pertanian melaksanakan Kuliah Umum pada hari Selasa, 14 Februari 2017. Kuliah umum kali ini mengangkat tema “PROSPEK DAYA SAING PRODUK PERIKANAN INDONESIA DI ERA PERDAGANGAN IMG_20170214_112748BEBAS; PERSPEKTIF SISTEM KARANTINA DAN PENGENDALIAN MUTU”. Kuliah umum yang di moderatori oleh Fauziah Azmi, S.Si.,M.AppSc dengan pemateri Utama yaitu M.Darwin Syah Putra, S.Pi.,M.Si dari Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu (BKIPM-Aceh) dihadiri sebanyak 180 peserta yang terdiri dari Dosen Fakultas Pertanian, Mahasiswa, dan Tamu dari Biro Rektorat Unsam. Dalam kuliah umum tersebut disampaikan bahwa pentingnya menjaga proses dalam memproduksi ikan agar hasil yang diperoleh memiliki daya saing dan dapat bersaing pada skala ekspor.

Kepala BKIPM Aceh juga menyebutkan bahwa pentingnya menumbuhkan pemahaman bagi mahasiswa terutama mahasiswa pertanian sebagai garda terdepan dalam mengawasi dan menjaga keluar masuknya produk perikanan baik dalam kondisi segar maupun produk olahan, hal tersebut harus diperhatikan mengingat aturan tentang penjaminan mIMG_20170214_121505utu pangan internasional dan peraturan menteri kelautan dan perikanan dan menitikberatkan pada kualitas hasil dan berdaya jual tinggi. Ir. Cut Mulyani, MP selaku Dekan Fakultas Pertanian dalam pembukaan Kuliah Umum menyampaikan bahwa tujuan Kuliah Umum yang dilakukan setiap awal Semester ganjil dan Genap merupakan kegiatan yang diharapkan dan bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa serta menumbuhkan pemahaman yang lebih dalam sesuai isu dan permasalahan yang ada di lapangan. Dekan Fakultas Pertanian menyebutkan pentingnya menjaga mutu dan ketahanan pangan haruslah ditumbuhkan sejak dini bagi mahasiswa agar setelah lulus nantinya, mahasiswa dapat menerapkannya di dunia kerja. Pada akhir penyampaian materi, pemateri menyampaikan bahwa saat ini telah banyak ikan-ikan yang terintroduksi dari luar dan dapat mengancam kelestarian ikan-ikan lokal, sehingga dibutuhkan peranan dai semua elemen termasuk akademi dalam mejaga keberlanjutan sumberdaya perikanan dan menjaga kualitas produk perikanan.

Teuku Fadlon

fadlonteuku@gmail.com
No Comments

Post A Comment